Pengumuman Bebas Pustaka Wisuda Periode I 2025/2026 (Oktober 2025)
- Details
- Published: Friday, 08 August 2025 09:22
COMING SOON !
PENGUMUMAN BEBAS PUSTAKA
WISUDA PERIODE I 2025/2026
COMING SOON !
PENGUMUMAN BEBAS PUSTAKA
WISUDA PERIODE I 2025/2026
PENGUMUMAN
Nomor : 020/A-LKC/UPIYPTK/IV/2025
TENTANG
BEBAS PUSTAKA & PENYERAHAN BUKU SUMBANGAN
WISUDA PERIODE II TA 2024/2025
Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa/ anggota perpustakaan Andalusia Library & Knowledge Center, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Sehubungan dengan akan dilaksanakan Wisuda dan Penyerahan Ijazah bagi calon wisudawan/wati UPI YPTK Periode II TA 2024/2025. Bersama ini disampaikan bahwa :
NB : Pengambilan Dapat Diwakilkan (Harap Surat Bebas Pustaka Tidak Hilang)
Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Padang, 22 April 2025
Ka. UPT. Perpustakaan UPI YPTK
Dto,
Muhammad Ikhlas, S.Kom, M.Kom
PENGUMUMAN
Nomor : 045/A-LKC/UPIYPTK/IX/2024
TENTANG
BEBAS PUSTAKA & PENYERAHAN BUKU SUMBANGAN
WISUDA PERIODE I TA 2024/2025
Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa/ anggota perpustakaan Andalusia Library & Knowledge Center, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Sehubungan dengan akan dilaksanakan Wisuda dan Penyerahan Ijazah bagi calon wisudawan/wati UPI YPTK Periode I TA 2024/2025. Bersama ini disampaikan bahwa :
Calon wisudawan/wati wajib melakukan proses bebas pustaka dan menyerahkan buku sumbangan sebagai salah satu syarat pengembilan Ijazah.
Silahkan bergabung di group telegram informasi bebas pustaka melalui link berikut : https://bit.ly/tgrambebaspustaka2024-1 dan follow Instagram @perpustakaan_upiyptk
Penyerahan buku sumbangan bagi wisudawan/wati periode I TA 2024/2025 dapat berupa Buku Cetak atau Buku Digital (pilih salah satu) sesuai daftar rencana buku sumbangan yang telah ditetapkan oleh Perpustakaan.
Wajib menggunakan akun masing-masing (tidak diperbolehkan menggunakan akun milik orang lain).
Jadwal penyerahan buku sumbangan mulai tanggal 30 September s/d 10 Oktober 2024.
Bagi yang ingin menyumbang buku berupa buku cetak, silahkan login melalui web berikut ini : http://elib.upiyptk.ac.id/donasi/ , setelah login, silahkan booking judul buku apa yang akan disumbangkan, kemudian carilah buku tersebut pada toko buku yang tersedia, selanjutnya serahkan langsung ke perpustakaan (wajib buku asli).
Bagi yang ingin menyumbangan buku berupa buku digital, dapat dilakukan melalui aplikasi perpustakaan digital UPI YPTK (kuota buku terbatas). Panduan pengguna aplikasi perpustakaan digital dan donasi buku silahkan baca di sini : https://bit.ly/panduan_digilib_upiyptk.
Simpan foto/ screenshot bukti transaksi/ status transaksi dan bukti donasi buku digital/ cetak yang telah dibeli.
Bagi yang telah menyerahkan buku sumbangan digital silahkan upload data pada link berikut : https://bit.ly/LaporDonasiBuku2024-1
Staff Perpustakaan UPI YPTK akan melakukan rekap data, serta melakukan proses pengecekan terhadap status donasi, status keanggotaan, peminjaman koleksi dan status denda.
Staff Perpustakaan akan mencetak 1 (satu) lembar Surat Keterangan Bebas Pustaka dan akan memvalidasi.
Mahasiswa wajib menyerahkan Soft Copy/ CD berisi Karya Ilmiah (TA/ Skripis/ Tesis/ Disertasi) ke petugas perpustakaan pada saat pengambilan Surat Keterangan Bebas Pustaka. Ketentuan soft copy baca di sini : http://elib.upiyptk.ac.id/index.php/layanan/buku-sumbangan/serah-karya-ilmiah
Surat Keterangan Bebas Pustaka yang telah divalidasi dapat diambil di perpustakaan berdasarkan jadwal berikut ini :
FILKOM, PSIKOLOGI, DKV : 21, 22, 23 Oktober 2024
FEB, F. TEKNIK, FKIP : 24, 25, 28 Oktober 2024
Khusus S2 dan S3 (Program Pascasarjana) akan diinformasikan melalui prodi.
NB : Pengambilan Dapat Diwakilkan (Harap Surat Bebas Pustaka Tidak Hilang)
Surat Keterangan Bebas Pustaka hanya diberikan 1 (satu) lembar. Jika mahasiswa butuh salinan, silahkan foto atau fotocopy Surat Keterangan Bebas Pustaka tersebut.
Surat Keterangan Bebas Pustaka dan Buku Sumbangan yang telah divalidasi (asli) diberikan kepada Program Studi masing-masing sebagai salah satu syarat pengambilan Ijazah.
Informasi dan perkembangan terbaru terkait bebas pustaka silahkan akses di group telegram perpustakaan atau follow dan DM Instagram @perpustakaan_upiyptk .
Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Padang, 26 September 2024
Ka. UPT. Perpustakaan UPI YPTK
Dto,
Muhammad Ikhlas, S.Kom, M.Kom
PENGUMUMAN
Nomor : 011/A-LKC/UPIYPTK/IV/2024
TENTANG
BEBAS PUSTAKA & PENYERAHAN BUKU SUMBANGAN
WISUDA PERIODE II TA 2023/2024
Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa/ anggota perpustakaan Andalusia Library & Knowledge Center, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Sehubungan dengan akan dilaksanakan Wisuda dan Penyerahan Ijazah bagi calon wisudawan/wati UPI YPTK Periode II TA 2023/2024. Bersama ini disampaikan bahwa :
NB : Pengambilan Dapat Diwakilkan (Harap Surat Bebas Pustaka Tidak Hilang)
Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Padang,04 April 2024
Ka. UPT. Perpustakaan UPI YPTK
Dto,
Muhammad Ikhlas, S.Kom, M.Kom
PENGUMUMAN
Nomor : 001/A-LKC/UPIYPTK/SPb/IX/2023
TENTANG
BEBAS PUSTAKA & PENYERAHAN BUKU SUMBANGAN
WISUDA PERIODE I TA 2023/2024
Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa/ anggota perpustakaan Andalusia Library & Knowledge Center, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Sehubungan dengan akan dilaksanakan Wisuda dan Penyerahan Ijazah bagi calon wisudawan/wati UPI YPTK Periode I TA 2023/2024. Bersama ini disampaikan bahwa :
Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Padang,22 September 2023
Ka. UPT. Perpustakaan UPI YPTK
Dto,
Muhammad Ikhlas, S.Kom, M.Kom
Struktur Organisasi Perpustakaan
Kepala UPT. Perpustakaan UPI YPTK Nama : Muhammad Ikhlas, S.Kom., M.Kom |
Wakil Kepala UPT. Perpustakaan (Bidang Teknologi Informasi) Nama : Masriadi, S.Kom., M.Kom |
Kepala Bagian Layanan dan Administrasi Perpustakaan Nama : Nurjasni, S.Sos |
Kepala Bagian Pengelolaan dan Pengembangan Koleksi Nama : Fatmawati, S.Hum |
Staff Bagian Layanan Nama : Uci Oktaviani, S.I.Pust |
INFORMASI
Pengajuan Buku Sumbangan calon Wisudawan UPI YPTK Padang dapat dilakukan secara Digital maupun Cetak melalui :
1. Aplikasi Perpustakaan Digital : Klik Di sini , atau
2. Website Donasi Buku Cetak : Klik Di sini
Perpustakaan ditunjang dengan fasilitas pendukung yang berfungsi untukmemudahkan pemustaka dalam penelusuran informasi dan koleksi, serta membantu memberikan kenyamanandan keamanan selama berada di perpustakaan. Adapun fasilitas yang tersedia adalah sebagai berikut:
1. Loker
Saat ini baru tersedia sekitar 80 unit loker penyimpanan tas/barang pengunjung. Setiap loker memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga dapat digunakan 2 sampai 3 orang.
2. Visitor Counter
Merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk mencatat data pengunjung secara elektronik. Setiap pengunjung harus mengisi data kunjungan dengan men-scan kartu anggota/KTM atau dengan mengentrikan NIM/BP/NIP (bagi anggota). Sedangkan, bagi pengunjung yang bukan anggota, cukup dengan mengentri Nama dan Alamat Instansi.
3. OPAC (Online Public Access Catalogue)
Merupakan katalog daring/online berbasis web menggunakan software SLiMS (Senayan Library Management System) yang dapat diakses melalui laman http://elib.upiyptk.ac.id. OPAC dapat digunakan untuk menelusuri keberadaan dan ketersediaan koleksi.Berikut tampilan katalog daring Andalusia Library & Knowledge Center. Pada tampilan awal ini terdapat Mesin Pencari Utama yang berguna untuk melakukan pencarian secara umum dan luas.
4. Komputer & Jaringan Wireless Internet Gratis
Perpustakaan menyediakan 12 unit perangkat komputer untuk mengakses internet secara gratis. Fasilitas komputer tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses koleksi digital yang tersedia. Selain komputer yang tersedia, perpustakaan juga mendukung fasilitas jaringan wireless (WiFi) gratis yang dapat diakses oleh pemustaka.
5. Teleconference Room
Ruangan ini disediakan untuk menunjang kegiatan diskusi, belajar kelompok, dan teleconference. Bagi yang ingin menggunakan ruang ini harus mengajukan permohonan (booking pemakaian) terlebih dahulu ke bagian administrasi dan perlengkapan perpustakaan.
Terdapat 1 unit monitor 42 Inchi yang didukung dengan jaringan internet dan HDMI, AC serta whiteboard.
6. Local Content
Local Content atau layanan terbitan universitas memberikan layanan dan akses untuk memanfaatkan koleksi terbitan universitas yang terdiri atas laporan hasil penelitian dosen, laporan pengabdian masyarakat, laporan rektor, orasi ilmiah, buku pedoman, tesis, skripsi, dan makalah tugas akhir.
7. Ruang Referensi dan Koleksi Cadangan
Ruang referensi merupakan ruangan yang menyedikan koleksi referensi, jurnal, majalah dan terbitan berseri. Koleksi pada layanan referensi dan terbitan berseri hanya diperuntukkan untuk baca ditempat.
Koleksi cadangan merupakan cadangan dari koleksi sirkulasi, masing-masing judul hanya terdiri dari satu eksemplar. Koleksi pada layanan ini tidak dapat dipinjamkan untuk dibawa pulang, tetapi khusus baca di tempat.
8. Ruang Baca Utama Full WiFi
Perpustakaan menyediakan ruang baca utama/ terbuka. Pada ruangan ini tersedia meja, kursi, meja kubikus, jaringan listrik dan wifi hotspot.
9. Popular Corner
Popular Corner merupakan sudut perpustakaan yang menyediakan fasilitas Televisi ratusan channel seluruh dunia serta koleksi novel terbaru.
10. Ruang Baca Koran dan Terbitan Berseri
Ruang baca Koran dan terbitan berseri merupakan ruangan yang menyedikan koran harian dan terbitan berseri yang cukup lengkap. Koleksi pada ruang baca koran dan terbitan berseri hanya diperuntukkan untuk baca ditempat.
11. Library Cafe
Andalusia Library & Knowledge Center menyediakan fasilitas cafe yang terintegrasi langsung dengan perpustakaan, antara ruang baca utama dan ruang baca café terpisah, sehingga bagi yang ingin membaca sambil minum/ makan tersedia fasilitas meja dan kursi yang khusus dapat dipakai di area Library Cafe.
12. BI Corner
Sebagai wujud kerjasama antar institusi, Bank Indonesia menghadirkan BI Corner di Andalusia LIbary and Knowledge Center UPT. Perpustakaan Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Layanan BI Corner ini sudah mulai dibangun semenjak akhir tahun 2017, merupakan sebuah gerai khusus yang menyediakan informasi Bank Sentral serta memuat berbagai informasi yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Sumber-sumber informasi yang tersediak tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan bahan ajar, dan kajian riset khususnya dalam bidang ekomi yang berkaitan dengan aktivitas dan kebijakan-kebijakan bank sentra
13. Toilet
Perpustakaan juga menyediakan toilet yang bersih dan nyaman.
UPDATE :
Bismillahirrahmanirrahim, Diinformasikan bagi Bapak Ibu dan Andanda calon Wisudawan/wati yang belum menyerahkan buku sumbangan digital s/d saat ini, dapat menyerahkan buku sumbangan "Buku Cetak" dengan ketentuan :
1. Buku terbitan terbaru minimal 3 thn terakhir (2018-2020)
2. Jenis buku sesuai dengan bidang studi masing-masing (Khusus buku Novel dan Sejarah Islam, wajib terbitan thn 2020)
3. Minimal ketebalan buku : 165 halaman.
4. Buku Asli (bukan fotocopy)
5. Buku tersebut belum tersedia di perpustakaan (cek katalog pustaka : elib.upiyptk.ac.id/opac)
Buku cetak tersebut diserahkan pada saat jadwal penyerahan ijazah sesuai jadwal prodi masing-masing. Buku cetak yang akan didonasikan tetap dilaporkan sesuai point 5 pengumuman dengan meng-upload foto buku yang akan disumbangkan.
Batas waktu pelaporan diperpanjang s/d Jum'at, 11 Desember 2020 pukul 10.00.
Demikian informasi ini disampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Link Informasi Pengumuman Bebas Pustaka : http://elib.upiyptk.ac.id/index.php/layanan/buku-sumbangan/informasi
Harap baca pengumuman dan panduan registrasi akun perpustakaan digital ini selengkapnya agar tidak terjadi kesalahan. Ikuti panduan registrasi akun perpustakaan digital. Akun yang telah didaftarkan akan divalidasi terlebih dahulu oleh petugas sebelum digunakan mulai senin, 07 Desember 2020.
Silahkan Join Telegram Perpustakaan UPI YPTK di : https://t.me/joinchat/RYMSjRoactHrHJ1XZ-3D5Q
=================
PENGUMUMAN
BEBAS PUSTAKA & PENYERAHAN BUKU SUMBANGAN
WISUDA PERIODE I OKTOBER 2020
Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa/ anggota perpustakaan Andalusia Library & Knowledge Center, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Sehubungan dengan akan dilaksanakan penyerahan Ijazah, Transkrip Nilai, Baju Toga dan Skripsi bagi wisudawan/wati periode I Oktober 2020. Bersama ini disampaikan bahwa :
Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
Andalusia Library & Knowledge Center
Gedung B Lantai 3 - Universias Putra Indonesia "YPTK"
Jln. Raya Lubuk Begalung, Padang 25221