Panduan Pustaka Digital
- Details
- Category: Layanan
- Published: Wednesday, 29 September 2021 01:34
- Hits: 42368
PANDUAN PENGGUNA APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL
ANDALUSIA LIBRARY & KNOWLEDGE CENTER
UPT. PERPUSTAKAAN UPI YPTK PADANG
A. Instalasi
Download dan instal terlebih dahulu aplikasi perpustakaan digital berikut.
Versi Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.kubuku.kbk51885f6
Versi PC/ Windows : https://kubuku.id/download/andalusia-library-upi-yptk/setup.exe
B. Registrasi
Berikut langkah-langkah registrasi akun sebagai anggota perpustakaan digital Andalusia Library & Knowledge Center UPI YPTK Padang :
(Donasi Buku Wajib Menggunakan Apk Android)
1. Buka Aplikasi Perpustakaan Digital Andalusia Library – UPI YPTK (Pastikan aplikasi sudah di Update)
2. Klik Daftar/ Create Account
3. Isi data awal dan data tambahan. (Bagi yang tidak ada KTM/ KRS Aktif bisa upload foto/ screenshot login sisfo nya)
4. Klik Kirim
5. Sistem secara otomatis akan mengirimkan pesan ke email yang didaftarkan.
6. Cek email, kemudian Konfirmasi Akun dengan cara klik AKTIVASI.
7. Petugas akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap akun yang didaftarkan, jika sesuai ketentuan maka akan diterima, jika tidak maka akan ditolak.
8. Silahkan menunggu email balasan status registrasi akun, aktivasi akun oleh Admin 2x24 Jam.
9. Selesai, silahkan Login
NB : Apabila tidak ada balasan email masuk di inbox, silahkan cek dibagian spam atau silahkan hubungi petugas perpustakaan : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Re-Aktivasi Akun (Khusus Bagi Akun Yang Telah Kadaluarsa/ Expired)
Khusus bagi akun pustaka digital yang telah kadaluarsa, anggota perpustakaan dapat mengajukan permohonan untuk re-aktivasi (aktivasi ulang) keanggotaan pustaka digital nya melalui link berikut ini : https://bit.ly/re-aktivasi_digilib_upiyptk
C. Baca dan Pinjam Buku Digital
Berikut langkah-langkah baca dan pinjam buku digital pada aplikasi perpustakaan digital Andalusia Library & Knowledge Center UPI YPTK Padang :
1. Masuk ke aplikasi dengan cara Login (jika muncul pesan selamat datang silangkan di-close)
2. Pilih/ cari buku yang akan dibaca dengan menggunakan fitur pencarian
3. Aplikasi akan menampilkan daftar buku berdasarkan kata kunci yang dimasukkan
4. Buku digital yang bisa dibaca/ dipinjam hanya buku yang tersedia pada stok (cek ketersediaan buku)
5. Klik baca/ pinjam
6. Silahkan tunggu proses pengunduhan buku digital
7. Selesai, buku digital bisa digunakan.
D. Kondisi/ Status Buku Digital
Beberapa hal yang perlu diketahui pemustaka tentang kondisi atau status buku digital pada aplikasi perpustakaan digital Andalusia Library & Knowledge Center UPI YPTK Padang :
1. Buku digital hanya bisa dibaca melalui aplikasi perpustakaan digital saja.
2. Buku digital yang sudah ditutup/ tidak dibaca selama 30 menit akan dikembalikan secara otomatis ke rak digital perpustakaan sehingga status buku kembali tersedia
3. Buku digital yang telah dipinjam selama 3 hari akan kembali secara otomatis ke rak digital perpustakaan, kecuali dikembalikan lebih awal. Maksimal peminjaman = 2 Buku
4. Pemustaka dapat salin teks buku digital, mendengarkan teks, menandai buku, salin informasi buku, memberi komentar, dll pada aplikasi perpustakaan digital.
E. Donasi Buku (Buku Sumbangan Khusus Calon Wisudawan)
Berikut langkah-langkah donasi buku sumbangan pada aplikasi perpustakaan digital Andalusia Library & Knowledge Center UPI YPTK Padang :
(Donasi Buku Wajib Menggunakan Apk Android)
1. Masuk ke aplikasi dengan cara Login
2. Pilih menu Donasi
3. Cari dan pilih buku yang akan didonasikan.
4. Klik Tambahkan Keranjang
5. Untuk lanjut pembayaran, klik icon Troli / Keranjang
6. Klik tombol Pilih Metode Pembayaran
7. Pilih metode pembayaran yang ingin dilakukan (klik tanda centang).
(Jika terjadi error, silahkan cek Menu Akun – Pilih Transaksi Donasi – Pilih Buku yang akan didonasikan untuk lanjut pembayaran dan melihat cara pembayaran)
8. Periksa kembali total pembayaran
9. Klik tombol Bayar
10. Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih (maksimal 1x24 jam), jika tidak melakukan pembayaran sampai batas waktu yang ditentukan, maka transaksi akan dibatalkan.
11. Simpan foto/screenshot bukti pembayaran/ status pembayaran, dan bukti buku digital yang telah dibeli.
12. Selesai.