Copyright 2024 - Andalusia Librarty & Knowledge Center - UPI "YPTK" Padang

Perpustakaan UPI YPTK hadiri Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke 14 Tahun 2023 di Malang

 AndalusiaLKC, Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan layanan perpustakaan, UPT. Perpustakaan UPI YPTK Andalusia Library and Knowledge Center ikut berpartisipasi menghadiri dan mensukseskan acara Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke 14 Tahun 2023 di Malang (09 s/d 11 Agustus 2023) yang bertempat di Atria Hotel Malang, Jl. Letjend S. Parman No. 87-89, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Acara yang mengusung tema “Menggalang Masa Depan Melalui Preservasi Digital Pengetahuan Lokal Indonesia (Budaya, Pengetahuan, dan Pembelajaran)” yang dihadiri oleh  pustakawan, akademisi dan tokoh masyarakat yang peduli dengan perpustakaan dan informasi. Universitas Putra Indonesia YPTK mengutus Muhammad Ikhlas, S.Kom., M.Kom (Kepala UPT. Perpustakaan UPI YPTK) dan Okta Dasril, S.I.Pust (Staff Pustakawan UPI YPTK). 

Pada hari pertama (rabu, 09 Agustus 2023), diawali dengan registrasi ulang peserta KPDI 14 pada pukul 08.00 WIB di Atria Hotel Malang, kemudian dilanjutkan langsung dengan acara workshop dengan tema “Implementasi dan Pengembangan Teknologi Artificial Intelligence (AI) di Perpustakaan oleh Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, MT, Ph.D (Dekan FILKOM UB dan Ketua AI Center UB) dan workshop kedua dengan tema “Kompetensi Pustakawan di Era Teknologi Artificial Intelligence (AI)” oleh Ida Fajar Priyanto, M.A, Ph.D. Dalam pemaparan kedua materi workshop tersebut disampaikan tentang tantangan dan peluang akibat dari adanya kecerdasaan buatan (Artificial Intelligence) untuk peningkatan peran dan layanan perpustakaan, serta penjelasan terkait perkembangan layanan perpustakaan dari masa ke masa, beserta jenis-jenis perpustakaan yang ada pada saat ini.

 

Kemudian, pada siang harinya dilaksanakan acara pembukaan KPDI ke 14 Tahun 2023 yang diawali dengan laporan dari panitia penyelenggaran Dr. Iwan Permadi, SH., M.Hum (Ketua Panitia KPDI ke-14 sekaligus sebagai Kepala Perpustakaan Pusat UB). Dalam pelaporannya disampaikan bahwa pada acara KPDI ke-14 dihadiri oleh lebih 600 peserta hampir dari seluruh wilayah provinsi yang ada di Indonesia. Selanjutnya, sambutan dari Ketua Pengurus Forum Perpustakaan Digital Indonesia, Prof. Dr. Jonner Hasugian, M.Si, sambutan dari Prof. Widodo, S.Si., M.Si, Ph.D., Med.Sc (Rektor Universitas Brawijaya), sambutan dari perwakilan Walikota Malang dan Gubernur Jawa Timur, serta Keynote Speech dari Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.Si.

 Pada malam harinya pemaparan oleh Invited Speakers dengan tema “Peran Teknologi Informasi di Era Digital dalam Pelestarian Warisan Budaya” oleh Achmad Charris Zubair (Ketua Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta tahun 2003-2021). Serta “Preservasi Tabir Budaya Lokal untuk Pembelajaran” oleh Dr. Riyanto., M.Hum (Dosen Universitas Brawijaya).

Hari kedua kegiatan (kamis, 10 Agustus 2023), acara presentasi Call for Paper yang dibagi atas dua ruangan, dimana kami mengisi ruangan ke-2 dengan topik pertama yaitu “Preservasi Digital dan Transliterasi Budaya, Sastra Indonesia dan Daerah, Permainan Tradisional” dan topi kedua yaitu “Preservasi Digital Budaya Masyarakat Saat ini (Budaya Tulis, Budaya Cetak, History of the Present, dsb)”.

Setelah acara presentasi Call for Paper berakhir, dilanjutkan dengan acara pengumuman tuan rumah KPDI 2024 yang akan dilaksanakan di Lampung, serta pemilihan dan penetapan tuan rumah KPDI 2025. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian hasil kongres FPDI dan acara penutupan KPDI 14 Tahun 2023. Disela-sela kegiatan Perpustakaan UPI YPTK juga berdiskusi dengan beberapa pihak yang ikut hadir dalam kegiatan KPDI ke-14 diantaranya Perpusnas RI, iGroup, Springer, Francis & Taylor, Kubuku Indonesia, Sagung Seto (Bibliotecha), serta beberapa Kepala/ Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi lainnya. Pada hari ketiga (jum’at, 11 Agustus 2023), dilaksanakan kegiatan tour ke Bromo Heritage yang dipandu oleh Panitia KPDI untuk memperkenalkan salam alam dan budaya daerah yang ada di Jawa Timur.

 

 

f t g m

Andalusia Library & Knowledge Center
Gedung B Lantai 3 - Universias Putra Indonesia "YPTK"
Jln. Raya Lubuk Begalung, Padang 25221